Sang Legendaris Sitar Ravi Shankar Tutup Usia0 Komentar

Oleh Marwan
Diposting pada 12 Dec 2012 jam 1:28pm
Ravi Shankar

Ravi Shankar

Berita duka kembali melanda dunia musik, seorang komposer India yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar sekaligus ayah dari musisi Norah Jones, Ravi Shankar wafat. Ravi meninggal di usia ke- 92 tahun.

Ia yang menjadi Ikon musik hippie pada tahun 60-an itu menutup usia di San Diego, dekat kediamannya di California. Berita meninggalnya sang legendaris itu telah dikonfirmasi yayasan musik Ravi pada hari Selasa, 11 Desember 2012 waktu setempat.

USA Today melansir pada hari Rabu, 12 Desember 2012, Ravi yang baru-baru ini memegang Rekor Guinness untuk karier internasional terlama itu sudah lama menderita sakit perpasan dan masalah jantung. Pria kelahiran 7 April 1920 itu pun juga baru saja menjalani operasi katup hati pada pecan lalu.

Kabar duka tersebut membuat Perdana Menteri India Manmohan Singh dan banyak orang merasa kehilangan. Singh menyebut Ravi adalah hartu karun bangsa karena telah mengharumkan nama India ke mancanegara lewat karya-karyanya.

Salah satu personel The Beatles George Harrison menyebut Ravi adalah “the godfather of world music”. Melalui kontribusinya itu ia menolong jutaan pecinta musik klasik, jazz dan rock untuk menemukan tradisi musik India. Selaian itu ia juga berjasa memperkenalkan seni tradisional India kepada dunia sehingga terkenal luas seperti sekarang ini.

Ketika masih menderita sakit  ia masih menyempatkan waktunya untuk mengibur penggemarnya. Penampilan yang terakhir itu pada tanggal 4 November lalu di Long Beach, California. Ditemani putrinya Anoushka Shankar yang juga seorang pemaian sitar. Ravi tampil dalam rangka merayakan 10 dekade Ravi bermusik.

Nama lengkapnya adalah Ravindra Shankar Chowdhury. Ia lahir di Varanasi, India.Menginjak usia 10 tahun ia pindah ke Paris dan bergabung bersama grup tari kakaknya. Ia pun menjadi duta besar musik India dalam kurun waktu delapan tahun bersama grup tari tersebut berkeliling Amerika, Eropa dan Asia.

Perempuan yang sanggup memikat hatinya adalah Sue Jones. Promotor konser di New York itu menjadi istri Ravi dan mereka dikaruniai seorang putrid yang diberi nama Norah Jones pada tahun 1979.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.