Busana Kain Tenun Daerah Rekor Muri0 Komentar

Oleh Rakadewa
Diposting pada 17 Jul 2010 jam 4:02pm

Busana Kain Tenun Daerah Rekor Muri

Pada Maret 2009, Parengan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) lewat kain tenun ikat terpanjangnya. “Secara resmi di Muri tercatat panjang kain tenun ikat itu adalah 59,9 meter. Namun yang sebenarnya mencapai 64,5 meter,” ungkapnya. Usaha yang dirintis Miftahul Khoiri sempat mengalami penurunan. Mulai dari adanya Perang Teluk yang menyebabkan ekspor barang tersendat.

Hingga badai krisis moneter yang menerjang Indonesia pada 1996 hingga 1998. “Waktu itu banyak pengusaha kerajinan yang tutup karena ditimpa masalah yang melanda pada akhir tahun 1990-an,” cerita Miftah.

Dua tahun sebelumnya, sempat didatangi oleh asosiasi desainer Indonesia. Tujuan kedatangan desainer ini untuk mengetahui motif dan model dari kain tenun ikat. “Katanya mereka desainer untuk busana kepresidenan. Dan bermaksud untuk mendesain busana tenun ikat untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” katanya.

Selain itu kain tenun ikat Paradila juga digunakan para artis hingga penyiar berita ibukota. “Mulai dari Ulfa Dwiyanti hingga Maudy Koesnaedi dan para penyiar berita stasiun televisi menggunakan kain tenun ikat kami,” tambahnya


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.