“The Sorcerer’s Apprentice” Konflik KlasikPerang Kejahatan VS Kebaikan yang Memukau.0 Komentar

Oleh Imcho Sanjaya
Diposting pada 11 Jul 2010 jam 10:44am

The Socerer's AprenticeWalt Disney Pictures bersama produser Jerry Bruckheimer dan sutradara Jon Turteltaub, tim dibalik kesuksesan film-film National Treasure, mempersembahkan sebuah film petualangan komedi epik berjudul The Sorcerer’s Apprentice. Film ini akan membawa kita ke dalam konflik klasik perang antara kejahatan dan kebaikan.

Sebelum memasuki dunia imajinasi Jon Turteltaub, Jerry Bruckheimer dan Nicolas Cage, The Sorcerer’s Apprentice telah lebih dulu memesona Bapak Walt Disney dan seorang komposer Perancis, Paul Dukas. Bermula dari sebuah puisi karya Johann Wolfgang von Goethe berjudul Der Zauberlehrling (The Sorcerer’s Apprentice) pada tahun 1797. Puisi 14 bait tersebut bercerita tentang murid penyihir yang, dengan pengetahuan sihirnya yang sedikit, menyihir sebuah sapu tua dan memberinya tangan untuk mengangkut ember berisi air.

Sang murid menyuruh sapu tua itu untuk mengisi air di dalam bak mandi tapi tidak dapat menghentikannya. Ia kemudian mengambil kapak untuk menghentikan sapu tersebut namun malah membuat dua sapu baru yang terus mengambil air dengan ember dan membuat banjir. Sang penyihir kemudian mengetahui hal ini dan memerintahkan sapu tersebut untuk kembali ke tempatnya.

Paul Dukas membuat sebuah simfoni sepanjang sepuluh menit dari puisi tersebut seratus tahun setelah puisi tersebut muncul dan sukses besar. Empat dekade setelah itu Walt Disney membuat versinya sendiri yang berjudul Fantasia dengan Mickey Mouse berperan sebagai muridnya. Ia pun mengajak konduktor terkenal Leopold Stokowski untuk bersamanya membuat animasi tersebut.

Fantasia membawa angin baru dalam dunia animasi, memberi animasi sentuhan musik klasik serta tercatat sebagai film animasi pertama dengan suara stereophonic, membawa suatu formasi baru yang belum pernah dirasakan para penonton sebelumnya. Film ini bahkan dianggap sebagai magnum opus dari Walt Disney sendiri.

Enam puluh sembilan tahun kemudian Walt Disney Pictures bersama Jerry Bruckheimer Films membuat The Sorcerer’s Apprentice yang terinspirasi dari Fantasia dan dibuat lebih segar dengan balutan action dan petualangan.

?


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>