Tips Jitu Berbisnis Fashion Swap0 Komentar

Oleh Raden Maheswara
Diposting pada 05 Jul 2010 jam 3:18pm

Mau tahu cara membersihkan lemari dari busana, tas, dan sepatu yang sudah tidak diinginkan, sekaligus memperbarui koleksi tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun? Fashion swap adalah jawabannya.

Anda dan teman-teman bisa melakukan kegiatan ini jika bosan dengan isi lemari. Caranya, dengan saling bertukar benda fesyen mulai dari blus, sweater, jaket, rok, celana, tas, sampai sepatu yang tidak ingin dipakai lagi. Nah, berikut ini adalah sejumlah aturan untuk menyelenggarakannya:

1. Kirim pesan elektronik kepada peserta potensial paling tidak sebulan sebelumnya. Jadi, setiap orang memiliki waktu untuk menyortir isi lemarinya. Jumlah peserta yang sempurna untuk acara ini antara 10 sampai 15 orang. Meski pun demikian, banyak yang percaya, lebih banyak orang maka lebih baik.

2. Undang peserta perempuan dengan berbagai bentuk tubuh dan ukuran badan. Jangan sampai ada peserta yang menjadi satu-satunya perempuan bertubuh besar, dalam ruangan yang didominasi perempuan bertubuh mungil.

3. Pastikan Anda memiliki ruangan super luas atau halaman belakang yang lapang sebagai tempat menggelar acara. Jika perlu, ajak peserta lain untuk membawa bekal makanan dan menggelar potluck.

4. Jangan membawa barang yang terkena noda, robek, atau yang sudah usang. Selain itu, pastikan semua peserta sudah mengeluarkan barang-barang yang akan ditukarkan sebelum memulai acara.

5. Agar fashion swap berjalan secara teratur, minta peserta untuk menumpuk barang-barang mereka berdasarkan ukuran atau kategori. Siapkan meja atau hanger dan rak pakaian untuk sebagai tempat menggantung busana, yang dipisah berdasarkan jenisnya.

6. Jangan lupa menyediakan cermin panjang dan pencahayaan yang baik, agar setiap orang bisa mematut diri saat mencoba barang pilihannya. Sediakan pula ruang ganti untuk memberikan privasi bagi peserta yang ingin mencoba busana.

7. Jangan membatasi acara tukar menukar sebatas pakaian, aksesori, atau sepatu saja. Anda juga bisa membawa pernak-pernik rumah tangga, kosmetik yang belum dibuka, atau buku. Atau, cara lain bisa juga menetapkan tema tertentu untuk barang yang akan dibawa, misalnya khusus busana vintage dan lain sebagainya.

8. Jangan takut untuk mencoba gaya berbusana yang baru. Jika selama ini Anda terbiasa berdandan rapi dan formal, ajang ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk memilih gaya lain yang belum pernah dicoba. Jika Anda tidak yakin dengan busana mana yang cocok, minta pendapat peserta lain.

9. Jika ada dua orang atau lebih yang memperebutkan satu barang yang sama, hindari pertengkaran dengan menyuruh masing-masing orang mencoba barang tersebut. Setelah itu, minta kelompok menilai siapa yang paling cocok mengenakannya. Peserta yang mendapatkan suara terbanyak berhak mendapatkan barang tersebut.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply