Sejumlah Planet Akan Membentuk Garis Lurus Malam Ini0 Komentar

Oleh Dicky Wijaya
Diposting pada 06 Jul 2010 jam 7:24pm
Sejumlah Planet Membentuk Garis Lurus

Sejumlah Planet Membentuk Garis Lurus

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional membenarkan bahwa sejumlah planet seperti Mercurius, Venus, Mars, dan Saturnus akan tampak berada dalam satu garis lurus pada Selasa malam. “Satu garis lurus terjadi, setelah Mercurius terbenam pukul 18.30 WIB, kemudian sekitar pukul 21.00 WIB menyusul Venus terbenam, lebih malam lagi Mars dan Saturnus,” kata peneliti bidang Matahari dan Antariksa Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN Abd Rahman, MSi yang dihubungi dari Jakarta, Selasa (6/7).

Menurut Rahman, hal seperti itu adalah hal biasa, bukan sesuatu yang langka dan membawa dampak buruk bagi bumi seperti yang sedang disebarkan melalui pesan singkat (SMS) atau pun layanan messenger. Delapan planet yang mengitari matahari di tata surya ini memang berada dalam satu bidang ekliptika, sehingga jika dilihat dari bumi, maka memang akan mungkin untuk terlihat dalam satu garis lurus.

“Diibaratkan delapan planet ini merupakan bola-bola yang terletak pada satu meja datar, meskipun berserakan tetapi jika dilihat dari satu posisi dari sudut pandang suatu bola tertentu yang juga ada di meja itu, maka bisa saja seolah berada pada satu garis lurus,” katanya.

Sebelumnya dalam berita berantai disebutkan: Menurut NASA tepat pukul 5:00 pm waktu Greenwich atau pukul 12:00 WIB tengah malam ini (tanggal 6 Jul 2010) planet Merkurius, Bumi, Venus, Uranus dan Neptunus berada tepat satu garis dengan Matahari. Hal ini terjadi 20.000 ribu tahun sekali.

Akibatnya gaya gravitasi menjadi bertambah enam kali lipat, sehingga pada saat itu akan terjadi fenomena luar biasa, yakni: 1. Laut akan mengalami pasang naik, dan kemungkinan laut akan meluap, 2. Berat benda akan meningkat enam kali lipat, 3. Semua benda akan tertarik ke permukaan bumi.

Disebutkan juga NASA sudah memperingatkan semua perusahaan penerbangan agar tidak “take off” pada jam tersebut karena fenomena ini akan berlangsung sekitar 10 menit.

Menanggapi hal itu, Rahman menegaskan, bahwa berita tersebut hanya “hoax” atau berita bohong, karena fenomena yang terjadi beberapa malam tersebut tidak akan berdampak apapun. “Sebenarnya planet-planet yang tampak berada pada satu garis lurus itu terjadi beberapa hari ini, tetapi malam ini akan tampak paling jelas,” katanya sambil menambahkan bahwa NASA tidak akan memberi pernyataan seperti itu


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>