Perbedaan FFI dan AFI?0 Komentar

Oleh Marwan
Diposting pada 03 Dec 2012 jam 2:33pm
AFI & FFI

AFI & FFI

Tahun ini merupakan pertama kalinya digelar ajang penghargaan untuk perfilman Indonesia yang bertajuk Apresiasi Film Indonesia (AFI). Sebelum hadirnya AFI di tanah air terlebih dulu ada ajang yang hampir serupa namun berbeda yaitu Festival Film Indonesia (FFI).

Dedi Setiadi selaku Program Manager Malam Penganugerahan AFI ketika ditemui di acara jumpa pers Malam Penganugerahan AFI yang bertempat di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat yang berlangsung hari ini menjelaskan tentang perbedaan AFI dengan ajang penghargaan lain adalah diantaranya pada proses perekrutan pesertanya AFI memilih menjemput bola. Mereka bekerja lebih aktif, bila ada film bagus dan memenuhi kriteria maka mereka tidak akan segan-segan untuk mengajaknya.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti adalah sosok yang memprakarsai ajang penganugerahan AFI 2012 ini. Wanita 53 tahun itu menggandeng Direktorat Kesenian dan Perfilman untuk mensukseskan acara tersebut.

Karena atas dasar keprihatinan akan minimnya apresiasi masyarakat untuk film-film Indonesia yang berkualias itulah Wiendu Nuryanti yang menjabat sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sejak tanggal 19 Oktober 2011 itu menggagas AFI 2012 dan bekerjasama dengan Direktorat Kesenian dan Perfilman untuk membuat ajang tandingan FFI.

“Banyak masyarakat tidak tahu adanya film-film berkualitas. Berharap dari manuver ini, muncul kesadaran bahwa banyak film lokal yang berkualitas,” sambung Dedy.

Sentul International Convention Center , Bogor akan menjadi tempat diselenggarakannya acara puncak AFI pada tanggal 22 Desember 2012 nanti. Acara yang akan berlangsung pada pukul 21.00 – 23.00 WIB itu akan dimeriahkan oleh Sarah Sechan, Denny Chandra, Tieke Priatnakusuma, Ronal, Indris Sardi, Gigi, Revalina S. Temat dan grup Angklung Udjo dan tarian daerah.

Ada 12 kategori yang diperebutkan filmmaker Tanah Air dalam ajang tersebut. Berikut ini 10 film terbaik yang masuk daftar nominasi:

- Brandal-Brandal Ciliwung
- Cita Citaku Setinggi Tanah
- Garuda Di Dadaku
- Hafalan Sholat Delisa
- Mata Tertut
- Perahu Kertas
- Negeri 5 Menara
- Rumah Di Seribu Ombak
- Soegija
- Tanah Surga… Katanya


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>