KCI Ragukan Surat Kuasa dari WAMI0 Komentar

Oleh Miftahur Roziqin
Diposting pada 14 Nov 2012 jam 6:38pm
KCI

KCI

Karya Cipta Indonesia (KCI) dipecat dari badan kolektif dunia CISAC (Confederation of Societies of Authors and Composers), hal itu terjadi karena KCI dirasa telah melalaikan tanggung jawab.

WAMI (Wahana Musik Indonesia) akan menjadi anggota baru. KCI pun kini mulai mempertanyakan keberadaan WAMI. WAMI telah berdiri sejak 2006 silam, namun mereka baru resmi bergabung dengan CISAC.

Meski begitu, KCI tetap lembaga yang sah untuk menangani hak cipta para musisi. Dengan begitu, KCI dan WAMI akan sama-sama melindungi royalti para pencipta lagu.

Menurut ketua KCI Dharma Oratmangun sebanyak 2.639 pencipta lagu telah memberikan surat kuasa kepada mereka. Mereka mengumpulkan royalti performing rights dari karya cipta lagu yang diputar untuk kepentingan komersial seperti televisi, tempat karaoke, pusat perbelanjaan, dan ringback tone.

Dengan keadaan seperti ini, tentu saja pemilik usaha akan kebingungan dalam membayarkan kewajibannya mereka. Apakah kepada KCI atau WAMI. Bagaimana tanggapan dari pihak KCI?

Pihak KCI mengatakan bawha pihak mereka akan memperlihatkan bukti surat kuasa. Dan mereka meragukan apakah WAMI juga bisa menunjukkan surat tersebut.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>