Dalam FFI 2012 Film ‘Demi Ucok’ Beri Kejutan0 Komentar

Oleh Marwan
Diposting pada 29 Nov 2012 jam 7:51pm
Demi Ucok

Demi Ucok

Hari senin, 26 November 2012 merupakan hari berlangsungnya pengumuman nominasi Fertival Film Indonesia (FFI) 2012 di Metropole, Jakarta. Malam hari itu ada sebuah kejutan yang disuguhkan bagi khalayak film di Tanah Air. Sumber kejutan itu salah satunya adalah film berjudul ‘Demi Ucok’ yang mendapat 8 nominasi.

Dari tamu yang hadir banyak yang membicarakan tentang film itu, “Demi Ucok ? Kok rasanya baru dengar ya, itu film apa ?” Sebagian yang lain merasa telah ketinggalan karena belum sempat menyaksikkan film itu di bioskop. Tunggu dulu, memang khalayak umum belum bisa menyaksikkan film itu di bioskop karena film itu baru akan diputar untuk umum. Film berjudul ‘Demi Ucok’ ini dijadwalkan akan dapat anda saksikan di bioskop pada 3 Januari 2013 mendatang.

Sammaria Simanjuntak adalah dalang dari film ini.  Ia yang berprofesi sebagai produser, sutradara dan penulis skenario itu sebelumnya juga pernah memberikan kejutan yang sama, saat itu ia bersama Sally Anom Sari memenangkan piala FFI 2009 untuk skenario kategori asli terbaik, lewat film berjudul ‘Cin(t)a yang ia produseri.

Lewat rumah produksi Kepompong Gendut Sammaria membiayai filmnya ini. Seuntik nama PH tersebut, Wanita kelahiran 4 Mei 1983 ini pun menggelar acara unik untuk peluncuran ‘Demi Ucok’. Film karyannya itu diputar pertama kali disebuah perkampungan padat di kota Bandung dengan mengemasnya dalam acara layar tancap.

Film ‘Demi Ucok’ ini menceritakan tentang pencarian jodoh berlatar budaya Batak. Ucok adalah simbol pria idaman bagi para orangtua Batak yang ingin memilihkan jodoh untuk putrinya. Beberapa bintang yang menghiasi film ini antara lain Geraldine Sianturi, Saira Jihan, Sunny Soon, dan Mak Gondut yang memerankan dirinya sendiri dan tampil sangat kocak.

Film patut ditunggu tunggu kehadirannya ini menuai prestasi tersendiri sebelum jadwal rilisnya di tahun 2013 nanti. Mak Gondut dan Geraldine masuk nominasi FFI 2012, mereka berdua masing-masing sebagai pemeran pembantu wanita terbaik, dan pemeran utama wanita terbaik. Film garapan Sammaria Simanjutak ini merengkuh 8 nominasi termasuk kategori film terbaik. Bukan hanya itu sang dalang pun juga kecripatan nominasi yaitu untuk kategori sutradara terbaik.

Film yang mendapatkan nominasi cukup banyak ini akan bersaing dengan film-film lain seperti ‘Lovely Man’, ‘Rumah di Seribu Ombak’, ‘Soegija’ dan ‘Tanah Surga, Katanya’. Dengan tema ‘Film Kita Wajah Kita’, acara puncak FFI 2012 ini  akan digelar di halaman Benteng Vredeburg, Yogyakarta, 10 Desember.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>