Daftar 26 Film di Ajang Apresiasi Film Indonesia 20120 Komentar

Oleh Marwan
Diposting pada 02 Nov 2012 jam 9:37pm
Apresiasi Film Indonesia 2012

Apresiasi Film Indonesia 2012

Industri perfilman Indonesia sekarang mempunyai ajang penghargaan baru yang diberi nama Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2012. Dalam ajang tersebut ada empat piala yang diperebutkan oleh peserta, empat piala yang akan di anugerahkan yaitu untuk kategori Film Cerita Panjang/Bioskop Terunggul, Film Pendek Terunggul, Film Dokumenter, dan Film Animasi Terunggul.

Pihak penyelenggara yang bertugas menyeleksi telah memasukkan 26 judul film untuk nominasi Film Panjang/Bioskop Terunggul. Ke – 26 film tersebut merupakan hasil seleksi dari 90 judul film yang telah lulus sensor pada periode November 2011 hingga Oktober 2012.

Nunus Supardi mengungkapkan bahwa yang bertugas sebagai pihak penyeleksi bukanlah dari pihak juri melaikan dari pihak penyelenggara itu sendiri. Ketika ditemui di pada saat jumpa pers di Asean Room, Hotel Sultan, Jakarta pada hari Kamis, 1 November 2012 kemarin ia menjelaskan dalam proses penyeleksian awalnya terdapat 90 film kemudian 54, dan menjadi 26 film hingga sekarang. Proses penyeleksian tersebut akan terus berlanjut sampai terpilih 10 hingga 15 film, dan pada akhirnya aka nada lima film unggulan yang terpilih.

Wakil Ketua LSF Pusat tersebut juga menambahkan tentang kriteria yang ditetapkan ajang AFI ini adalah film – film yang mencerminkan nuansa budaya Indonesia. Seperti nilai kebudayaan, kelokalan, dan membangun karakter bangsa serta film-film yang bernuasa kultural dan budaya.

Anggota lain yang membantu pelaksanaan ajag AFI ini adalah Datu Anggraini, Amoroso Katamsi, Djati Kusumo, Mudji Sutrisno, Tegus ESHA, dan George Kamarullah.

Acara yang menjadi wadah seniman film tanah air untuk menunjukkan pencapaian mereka ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses pengumuman nominasi film unggulan untuk semua kategori akan diadakan pada 23 November 2012 mendatang. Sedangkan puncak acaranya akan digelar pada hari Minggu, 2 Desember 2012 nanti.

Inilah 26 judul film yang masuk dalam kategori Cerita Panjang / Bioskop :

1. Ayah Mengapa Aku Berbeda
2. Garuda di Dadaku 2
3. Umi Aminah
4. Hafalan Shalat Delisa
5. My Last Love
6. Malaikat Tanpa Sayap
7. Republik Twitter
8. Negeri 5 Menara
9. Seandainya
10. Keumala
11. Sampai Ujung Dunia
12. Mata Tertutup
13. Soegija
14. Ambilkan Bulan
15. Di Timur Matahari
16. Jenderal Kancil The Movie
17. Rumah Di Seribu Ombak
18. Brandal-Brandal Ciliwung
19. Perahu Kertas 1
20. Tanah Surga, Katanya
21. Cinta Suci Zahrana
22. Perahu Kertas 2
23. Cita-Citaku Setinggi Tanah
24. Pasukan Kapiten
25. Perempuan Sasak Terakhir
26. Atambua 39 Derajat Celcius


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>