Cokelat Bisa Bangkitkan Gairah Seks, Mitos atau Fakta?0 Komentar

Oleh Seka Renka
Diposting pada 20 Dec 2011 jam 7:30am

Cokelat Bisa Bangkitkan Gairah Seks, Mitos atau Fakta?
eGosip.com

Keampuhan makanan afrodisiak untuk meningkatkan libido masih jadi perdebatan hingga kini. Banyak orang percaya beberapa makanan seperti stroberi, tiram, cokelat atau ginseng bisa meningkatkan gairah seksual. Namun para ahli banyak yang masih meragukan.

“Afrodisiak telah digunakan beribu-ribu tahun lamanya di seluruh dunia. Tapi belum ada penelitian ilmiah yang bisa menunjukkan hal itu dengan jelas,” jelas Massimo Marcone, profesor di University of Guelph’s, Departemen Penelitian Makanan, seperti dikutip dari Your Tango.

Namun anggapan adanya makanan afrodisiak tidak sepenuhnya salah. Ada beberapa makanan yang memang bisa meningkatkan performa seksual tapi tak sedikit juga yang ternyata hanya mitos. Makanan apa saja yang benar-benar bisa membantu mendapatkan gairah seks dan hanya sekedar lezat untuk dimakan? Berikut ini jawabannya, seperti dilansir eHarmony.

1. Tiram Mentah
Kebenarannya: sebagian besar mitos
Secara teori, tiram mengandung zat peningkat testosteron seperti yodium, zinc serta beberapa jenis asam amino yang bisa menambah libido. Faktanya, dalam setiap butirnya, konsentrasi zat-zat tersebut sangat sedikit. Jadi Anda harus makan sedikitnya 50 butir tiram untuk mendapatkan benefit yang maksimal. Selain menambah asupan kalori, memakan tiram sebanyak itu juga akan membuat kekenyangan dan mungkin bau mulut tak sedap yang justru bisa ganggu kenyamanan saat bercinta.

2. Cokelat
Kebenarannya: fakta, dengan catatan…
Cokelat yang dimakan haruslah jenis yang hitam atau dark chocolate. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam meningkatkan level dopamin (hormon yang memunculkan rasa senang). Kandungan bioflavonoidnya membuka pembuluh darah untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk area genital. Celupkan stroberi pada cokelat hitam cair, atau konsumsi bersama selai kacang. Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam selai kacang bisa meningkatkan gairah seks pada wanita.
 
3. Minuman Beralkohol
Kebenarannya: tidak semua jenis alkohol
Tidak semua jenis minuman beralkohol bisa membangkitkan hasrat seksual, tapi hanya wine merah. Segelas wine merah bisa mengurangi kegelisahan dan membantu membuat orang lebih rileks di malam hari. Sejumlah studi telah membuktikan, ada peningkatan gairah seksual yang cukup signifikan pada wanita yang meminum segelas wine merah setiap harinya. Alasannya, kandungan polifenol yang tinggi pada wine merah melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah ke organ vital. Namun perhatikan konsumsinya, terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan depresi dan justru bisa menghambat performa seksual.

4. Anggur
Kebenarannya: mitos
Saling menyuapi pasangan dengan butiran-butiran anggur hanya menambah kesenangan saat Anda menghabiskan waktu berdua di tempat tidur sebelum bercinta. Secara kandungan nutrisi, anggur tidak banyak berkontribusi pada peningkatan gairah seksual. Dibandingkan anggur, pisang lebih mungkin membangkitkan gairah seks, karena buah ini kaya akan potassium dan vitamin B yang membantu meningkatkan energi dan mengatur pelepasan hormon seks.

5. Bawang Putih
Kebenarannya: fakta, jika bukan hanya Anda yang memakannya
Bawang putih mengandung allicin, zat yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah –yang penting untuk ereksi. Karenanya, sejak dulu bawang putih digunakan untuk menyembuhkan impotensi. Namun bumbu dapur yang satu ini memiliki bau yang cukup menyengat, jadi pastikan konsumsinya tidak berlebihan agar pasangan tidak ‘ilfil’ saat bercinta.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply