Buat Festival Anak, Fashion Anak Dilirik0 Komentar

Oleh Raden Maheswara
Diposting pada 07 Jul 2010 jam 3:20pm

SETELAH sukses dengan penyelenggaraan festival mode Jakarta Fashion Week (JFW) dalam dua tahun terakhir, Femina Group yang diwakili oleh majalah Ayahbunda dan Parenting Indonesia menggelar Kids Fashion Festival 2010/2011. Festival menampilkan parade fesyen berbagai merk dan label khusus pakaian anak-anak dengan koleksi terbarunya.

Femina Group (Ayahbunda dan Parenting Indonesia) bermitra dengan Miniapolis Plaza Indonesia untuk pertama kalinya mengadakan Kids Fashion Festival. Acara berlangsung selama tiga hari, mulai 6-8 Agustus 2010.

“Pada dasarnya, kami, Miniapolis dan Ayahbunda punya visi dan misi yang sama, yakni memajukan fesyen di Indonesia. Kami sangat bahagia, karena bisa menjadi bagian kesempatan ini,” papar Amelia, perwakilan dari Miniapolis saat konferensi pers Kids Fashion Festival 2010/2011 di Miniapolis Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (6/7/2010).

Selama tiga hari, festival akan menjadi ajang penting, tidak hanya bagi orangtua yang kini sangat peduli dengan penampilan anak-anaknya, tapi juga industri kreatif Indonesia. sebab, pasar (market) fesyen anak tidak dapat lagi dipandang sebelah mata.

“Kids Fashion Festival bisa merangsang para desainer anak untuk kreatif mendesain baju anak. Mereka punya wadah dan acara yang bagus. Alangkah baiknya jika kita berusaha merangsang orang-orang yang mempunyai kreativitas untuk mau masuk ke dalam desain baju anak,” ungkap Baslir Djamal selaku Co-Commercial Director Femina Group di kesempatan yang sama.

Animo besar orangtua untuk memberikan penampilan terbaik bagi anak-anaknya terbukti dengan semakin banyaknya gerai pakaian anak yang jadi sasaran belanja. Bahkan di saat situasi ekonomi sedang tidak terlalu menguntungkan. Fenomena ini terbukti pula pada festival mode JFW, di mana segmen fashion show pakaian anak selalu mendapat perhatian yang tak kalah besar dari segmen fesyen kalangan dewasa.

“Kids Fashion Festival untuk memperkenalkan mode, fesyen, dan style untuk anak-anak di tahun 2011. (Acara) didasari dari pemikiran ketika Femina mengadakan JFW, fashion show anak mendapat animo yang cukup besar dari masyarakat dan pengamat mode,” ujar Tenik Hartono, Pemimpin Redaksi Ayahbunda.

Festival ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memiliki rasa kepercayaan diri sejak dini, selain mengembangkan kreativitas bidang fashion mereka. Dari 700 anak yang sudah mendaftar dan mengikuti ajang seleksi pada hari ini dan kemarin di Miniapolis, selanjutnya akan disaring menjadi 120 anak. Mereka yang terpilih sudah dikualifikasi berdasarkan standar fashion show di luar negeri.

“Kami mengambil standar fashion show yang benar; bagaimana pakaian anak dipresentasikan sesuai dengan gaya anak-anak. Kita mempelajari (standar fashion) yang ada di Italia dan Prancis,” tegas Baslir.

Selain berbagai brand yang sudah cukup dikenal, seperti Alleira, Ginger, Contempo Kids, Okaidi Obaibi, dan sebagainya, akan diadakan pula pameran memorabilia mode milik anak-anak figur publik Jakarta, pameran foto, kelas fotografi memotret anak oleh fotografer Roy Genggam dan fashion clinic, serta sesi konsultasi untuk penampilan anak-anak oleh para Redaktur Mode Ayahbunda dan Parenting Indonesia.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>