Batik Warisan Nusantara Yang Tetap Terjaga0 Komentar

Oleh Raden Maheswara
Diposting pada 02 Jul 2010 jam 4:43pm

Inovasi batik terus dilakukan demi mempertahankan pasar modern. Tanpa menerjang pakem batik tradisional, rumah batik Alleira meluncurkan koleksi terbaru yang memadukan desain batik modern dengan kekuatan tenun klasik.

Mengusung tema ‘Tenun on Batik’, Alleira menyuguhkan kolaborasi fesyen batik penuh gaya yang berakar dari tradisi tenun Indonesia. “Koleksi kaya akan detil buatan tangan seperti ring, anyaman dan belt kain manik-manik,” kata Wakil Direktur Alleira Batik, Ade Kartika, di sela-sela pagelaran ‘Fashion Nation’ ke-4 di Senayan City, Jumat, 30 April 2010.

Koleksi ‘Tenun on Batik’ hadir dalam berbagai rancangan yang cukup variatif. Koleksi didominasi bahan dasar kain tenun dari berbagai daerah seperti songket Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Tentunya, dengan paduan desain batik khas Alleira.

Ade menambahkan, kekuatan utamanya terletak pada volume outfit longgar serta bahan songket dengan detail unik dan cantik. Alleira tak lupa menghadirkan desain outfit simpel namun tetap elegan dan modern.

Gradasi warna-warna cantik yang menjadi ciri khas Alleira mampu menciptakan warna segar, modern, dan menonjolkan sisi personal pemakainya. “Meski tampil dengan motif tenun, teknik gradasi membedakan desain Alleira dengan tenun lain,” ujarnya.

Alleira menyodorkan outfit ready to wear hingga coctail dress dalam tiga sekuens. Bahan-bahan lembut, seperti sifon, sutera, dan satin, memberi kesan mengalir pada kulit pemakainya.

Selain rancangan untuk dewasa, Alleira juga mengeksplorasi desain untuk anak-anak. Koleksi tenun anak menggombinasikan songket dengan warna segar dan kesan alami yang menampilkan sisi kepolosan dunia kanak. Detil seperti bolero, cape jaring, dengan bahan katun membuat koleksi tenun batik anak jauh dari kesan ‘berat’. “Warna khas Alleira melengkapi keceriaan anak.”

Bersamaan dengan peluncuran koleksi terbaru, secara resmi Allure Batik berganti nama menjadi Alleira Batik. Dengan perubahan nama sesuai brand internasional, Alleira sepenuhnya akan berkonsentrasi pada pasar global.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>