“Obama Anak Menteng” Potret Kehidupan Barry Kecil0 Komentar

Oleh Imcho Sanjaya
Diposting pada 06 Jul 2010 jam 9:31am

Obama Anak MentengFilm ini menceritakan tentang kehidupan yang dialami oleh Barack Hussein Obama saat menghabiskan masa kecilnya di Jakarta. Tantangan yang di alami oleh sang sutradara lumayan berat karena mengangkat kisah seseorang ke dalam sebuah film bukan hal yang mudah, apalagi kisah yang diangkat ini adalah kisah dari orang nomor satu di Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat saat ini Barack Hussein Obama semasa kecilnya pernah tinggal di Jakarta selama 2,5 tahun. Dan hal ini yang menginspirasi John de Rantau untuk mengangkat kehidupan Presiden dari sebuah negara adikuasa ini ke layar lebar.

Kisahnya diawali dengan kedatangan Barry (Hasan Faruq Ali) ke Jakarta dan bersekolah di sebuah SD Negeri Besoeki atau yang sekarang lebih dikenal dengan SDN 01 Menteng. Barry  yang saat itu masih berusia 9 tahun  harus berjuang keras untuk beradaptasi di lingkungan barunya di daerah Menteng. Tempat dimana ia tinggal bersama Ibunya Ann Dunham (Cara Lachelle).

Berada di lingkungan baru, Obama kecil itu mencoba berbaur dengan teman-teman di sekelilingnya. Tidak mudah bagi Barry untuk mendapatkan teman, selain berbeda strata sosial, darah yang mengalir di tubuhnya juga memiliki latar belakang yang berbeda. Barry adalah anak keturunan Afrika dan Amerika atau lebih dikenal dengan sebutan Afro-Amerika

Bersama teman-teman kecilnya yang berbeda status sosial yaitu Slamet dan Yuniardi, serta Turdi (Teuku Zacky) seorang pemuda transgender (banci), Barry menjelajah Jakarta, dan membawanya ke pengalaman masa kecil yang tidak pernah ia lupakan.

Kedekatan Barry dengan anak kampung ini membuat dirinya menjadi bahan ejekan anak kampung lainnya yang dipimpin oleh Carut. Ketidaksukaan Carut kepada Barry juga didasarkan karena Barry sangat berbeda dengan anak kampung seusianya. Berbagai konflik sempat mewarnai perjalanan Barry di Menteng, namun sang Ibu yang merupakan inspirasinya berhasil memainkan peran yang luar biasa dalam hidup Obama kecil.

Dilihat dari keseluruhan film berdurasi 90 menit ini, Obama Anak Menteng menjadi sebuah film dengan cerita yang sederhana dan inspiratif, namun menjadi bagian dari sejarah hidup orang nomor satu di Amerika, Barack Hussein Obama. Tidak hanya masa kecil belaka yang digambarkan, karena cerita masa kecil Obama akan diceritakan dari sudut pandang orang-orang yang pernah dekat dengannya.

Obama Anak Menteng yang diangkat berdasarkan novel karya Damien Dematra ini sudah mulai tayang sejak 1 Juli 2010 di bioskop. Di saat liburan sekolah sekarang ini, sepertinya film ini sangat cocok ditonton oleh anak Anda dan bagi sosok ibu yang memiliki anak, kisah ini juga dapat menginspirasi anda dalam mendidik buah hati tercinta.


Baca Juga:
Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>